Alasan Mengapa Kita Sering Kencing Saat Cuaca Dingin

Posted: Oktober 11, 2012 in Unik

Saat udara dingin karena hujan yang terus menerus atau penggunaan pendingin udara yang berlebihan banyak orang yang menjadi lebih sering pergi ke kamar mandi. Kenapa saat udara dingin orang jadi lebih sering pipis?

Dalam cuaca atau lingkungan sekitar yang dingin, tubuh manusia cenderung untuk tidak mengeluarkan banyak keringat. Padahal tubuh membutuhkan jalan keluar cairan lain agar jumlah cairan dalam tubuh tetap normal, salah satu caranya adalah dengan lebih sering mengeluarkan cairan melalui urin.“Di masa lalu para ahli seringkali mengindahkan masalah ini, tapi kini kami memberikan perhatian lebih dan berusaha untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi,” ujar Dr Pablo Gomery, seorang urolog dari Massachusetts General Hospital, seperti dikutip dari The Boston Globe, Senin (16/11/2009).

Gomery menambahkan udara dingin memicu peningkatan sensor urgensi (mendesak), tapi hal ini bukan berarti orang tersebut mengalami inkontinensia (orang yang tidak bisa menahan pipis). Dalam kondisi tertentu seseorang bisa saja mengalami rasa urgensi yang besar, seperti karena udara dingin.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Whittington Hospital di London meneliti hampir 2.000 laki-laki dan perempuan mengenai peningkatan rasa urgensi tersebut. Ditemukan dalam kondisi tertentu seperti kelelahan, khawatir, air dan cuaca yang dingin bisa meningkatkan risiko inkontinensia urgensi yang menyebabkan seseorang lebih sering ke kamar mandi.

“Studi lain menunjukkan cuaca atau lingkungan yang dingin bisa menyebabkan otot kandung kemih beraktivitas secara berlebihan (overactivity),” ujar Dr Michael O’Leary, seorang ahli bedah urologi di Brigham and Women’s Hospital.

Hal lain yang diduga bisa menjadi penyebab orang lebih sering pipis adalah terlalu lama terkena udara dingin yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke permukaan kulit sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah. Ini menghambat keluarnya cairan tubuh sehingga secara tidak langsung tubuh merespons dengan mengeluarkan cairan melalui urine atau sering pipis.

Orang yang sering pipis dalam udara dingin merupakan hal yang wajar sama seperti banyaknya keringat yang keluar saat udara panas. Hal yang penting orang harus tetap mengonsumsi air yang cukup untuk mengganti banyaknya cairan yang keluar melalui urin agar tidak terjadi dehidrasi.

Andhika

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s