Rahasia burung hantu di gelap malam

Posted: November 24, 2011 in Uncategorized

“Matahari terbenam, hari mulai malam. Terdengar burung hantu, suaranya merdu. Huhu…huhu…huhu…huhu…huhu.” Adik-adik ceria pernah menyanyikan lagu itu, bukan?. Atau bagi kalian yang pernah menonton kisah Harry Potter, pasti kenal Hedwig? Yup… itu adalah burung kesayangannya Harry. Tapi, tau tidak apa burung hantu itu? Apa benar suaranya merdu? Apa benar tugas burung hantu adalah untuk mengantar surat?

Burung hantu adalah burung yang tidur di siang hari dan bangun pada malam hari. Suaranya tidak semerdu burung kicauan. Suaranya terdengar melengking kadang-kadang bersiul dan berteriak. Lain waktu malah tidak terdengar. Burung hantu bekerja mencari mangsa pada malam hari. Jadi tidak mengantar surat seperti yang diceritakan pada Harry Potter.

Jika Adik-adik pernah mendengar suara “uhu… uhu…” pada malam hari, maka saat itulah burung hantu keluar dari sarangnya dan mulai berburu.Burung hantu merupakan hewan pemakan daging yang tergolong buas. Menurut ahli ada sekitar 222 spesies burung hantu yang tersebar ke seluruh dunia. Sebanyak 26 spesies ditemukan di Asia Tenggara dan 13 diantaranya terdapat di Indonesia. Tidak seperti jenis burung lainnya, burung hantu ini memiliki muka rata. Bukan rata tanpa hidung dan mata, lho?. Disebut rata karena burung hantu adalah satu-satunya burung yang letak matanya seperti manusia, yaitu mengarah ke depan. Bukan ke samping layaknya burung merpati atau gereja.
Selain itu, burung hantu memiliki kepala yang besar dan bulat, serta mata besar yang melotot tajam. Bulu-bulu burung hantu sangat halus dan ekornya pendek tapi burung hantu memiliki kuku-kuku yang sangat tajam , paruh yang mirip paruh burung elang, serta sayap yang lebarnya melebihi tiga kali lebar tubuhnya. Tapi, adik-adik jangan takut. Meski terlihat menyeramkan, burung hantu tidak akan mengganggu manusia.

Burung hantu tidak dapat memutar bola matanya. Sebagai gantinya, burung hantu dapat memutar lehernya hingga 180 derjat. Jadi, burung hantu harus memutar kepalanya jika ingin mengikuti gerakan mangsa yang diincarnya. Nah, mungkin adik-adik bertanya, bagaimana burung hantu dapat melihat dan berburu dengan baik di tengah gelapnya malam?. Disinilah kekuasaan tuhan. Burung hantu diberi keistimewaan untuk dapat melihat 100 kali lebih peka daripada manusia. Mata dan selaput beningnya sangat besar. Matanya lebih bundar dibanding burung-burung lain. Berkat keistimewaan itulah ia dapat melihat dan menangkap mangsanya dengan baik di malam hari.
Nah, saat bekerja di malam hari, burung hantu tidak akan
mengeluarkan suara yang berisik. Karena burung hantu diberi kemampuan untuk dapat terbang tanpa mengeluarkan suara. Hal ini disebabkan sayap burung hantu yang halus seperti kapas. Kemampuan ini tentu saja sangat menguntungkan burung hantu karena mangsa sasarannya tidak akan mengetahui kedatangan burung hantu. Makanya, kita hanya sesekali mendengar suara burung hantu. Biasanya burung hantu akan mengeluarkan “uhu..”nya apabila telah mendapatkan mangsanya.
Makanan burung hantu berupa binatang seperti serangga, kodok, tikus dan lain-lain. Itu sebabnya burung hantu banyak bersarang di hutan yang memiliki banyak pohon, di gurun, bahkan ada yang bersarang di tengah-tengah pemukiman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s